Langsung ke konten utama

Adakah Cara Untuk Cepat Untuk Kaya?

Siapa disini yang tidak mau menjadi orang yang memiliki banyak uang? Menjadi orang kaya? Hampir semua orang ingin menjadi orang kaya, apalagi kalau hal itu datang tanpa konsekuensi apapun. Seringkali kita mengukur keberhasilan seseorang berdasarkan jumlah kekayaan yang dimilikinya. Namun hal tersebut, tidaklah sepenuhnya mutlak menurut saya. Karena setiap orang pastinya memiliki mimpi dan tujuannya masing-masing dalam hidup.

Dan untuk mewujudkannya setiap orang bisa mempersiapkan tujuan finansialnya yang tidak harus sama satu dengan yang lainnya. Karena finansial hanyalah salah satu alat untuk bisa mewujudkan mimpi-mimpi tersebut. Mungkin ada yang mau sekolah terbaik untuk anak-anaknya, gaya hidup yang berkelas, ingin bisa berbagi kepada orang yang kurang beruntung, ataupun masih banyak hal lainnya yang bisa menjadi mimpi setiap orang.

Dalam perjalanannya, sering kali saya juga dihadapkan dengan berbagai opsi untuk mengembangkan uang yang telah dimiliki, misalnya saja dengan membangun bisnis, ada yang bisnis minuman bubble kekinian, membuka coffee shop, ada juga ajakan untuk berinvestasi mulai dari deposito, reksadana, saham, forex, robot-robotan, hingga bitcoin. Pertanyaannya apa sih instrumen / aktivitas yang bisa membantu kita mencapai tujuan finansial kita?

Ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan versi saya antara lain :

* Return on investment per tahun

Kemampuan imbal balik dari instrumen tersebut = ada instrumen yang bisa memberikan imbal balik hingga ratusan persen dalam setahun, namun ada juga instrumen yang hanya bisa memberikan imbal balik tidak sampai 10% dalam setahun. Tetapi selama instrumen tersebut, bisa mengantarkan kita kepada target finansial kita dan tentunya di atas inflasi (baca : artikel menyusul), kenapa harus ragu.

* Drawdown / loss

Kemampuan instrumen tersebut untuk tidak menghasilkan kerugian besar (draw down). Semakin lama memperhatikan dunia investasi, dan bisnis rasanya semakin banyak penawaran menggiurkan yang dapat ditemui. Misalnya saja selama ini saya sudah pernah mengenal =

- Investasi di bisnis ikan kerapu

- Investasi di bisnis transportasi truk batu bara

- Investasi di bisnis franchise minuman

- Investasi di Bitcoin

- Investasi di Tabungan Berjangka (Bank?)

- Investasi di P2P

- Investasi di Properti

- Money game robot-robotan forex

- dan masih ada 1001 cara lainnya untuk kita mengembangkan kekayaan kita

Yang perlu di perhatikan selain daripada berapa besar keuntungan yang dijanjikan (baca baik-baik : YANG DIJANJIKAN). Kita perlu mengenali betul seberapa besar resiko kita kehilangan dana yang telah diinvestasikan, maka dari itu money management menjadi hal yang sangat penting (baca : Katanya Gampang, Kok Rugi?).

* Jangka Panjang

Sangat amat memungkinkan kita mendapatkan keuntungan fantastis dari salah satu instrumen yang kita pilih, misalnya saja dengan hebohnya harga Bitcoin setelah cuitan dari Elon Musk, atau terbangnya harga saham INAF saat ada pengumuman penggunaan vaksin di era pandemi, atau hebohnya penjualan susu kepal milo pada masanya. Semua memungkinkan kita untuk meraup keuntungan yang amat besar dalam jangka waktu yang amat singkat, namun pertanyaannya jika tujuan finansial kita adalah tujuan jangka panjang, apakah instrumen pilihan kita ini benar-benar bisa membantu kita mencapai tujuan finansial tersebut? Jika instrumen tersebut hanya bisa menghasilkan sesekali (hanya trend sesaat), apakah kita masih memiliki waktu dan tenaga, untuk kembali mempelajari instrumen atau bisnis yang baru, serta merecovery kerugian yang kita dapatkan juga di usaha kita sebelumnya? Sehingga kita perlu memastikan instrumen tersebut, apakah merupakan instrumen yang teruji oleh waktu dan berbagai kondisi atau tidak.

* Mudah di urus

Apakah hidup kita bertujuan untuk mengurus tujuan finansial kita, sehingga tidak bisa memberikan ruang untuk kita benar-benar menikmati hidup yang kita mau di luar dunia bisnis dan investasi kita tersebut? Kembali lagi ini adalah pilihan, namun dengan instrumen yang bisa memberikan kita kebebasan untuk mempergunakan waktu kita, menurut saya akan memberikan quality of life yang lebih baik.

* Bisa di duplikasi (Compounding Effect)

Sangat mudah untuk kita menduplikasi uang kita Rp 1,000, - menjadi Rp 2,000,- (peningkatan 100%) namun ketika dana tersebut menjadi lebih besar, semakin tidak mudah kita untuk bisa mendapatkan return yang sefantastis ketika mengelola dana yang relatif lebih kecil. Untuk itu, perlu diperhatikan, apakah bisnis / investasi yang kita tekuni bisa memberikan efek duplikasi yang baik dan dapat diandalkan dari waktu ke waktu.

Dengan kriteria standard pemilihan instrumen yang jelas, setiap dari kita bisa menentukan instrumen apa yang paling sesuai menjadi kendaraan diri untuk mencapai tujuan finansial yang telah ditetapkan sebelumnya. Kembali lagi menurut saya tidak ada satupun instrumen yang lebih baik ataupun lebih buruk dari instrumen lainnya, namun semuanya itu ada ilmu yang harus ditebus oleh waktu, tenaga, dan niat kita untuk mempelajarinya.

Bagi saya, saham dapat memiliki kelebihan dalam beberapa aspek diatas, dan buat saya itu sudah cukup. Maka sekarang saatnya saya menebus ilmu tersebut dengan waktu, tenaga dan niat untuk mempelajarinya beberapa waktu kedepan. Saya memilih untuk fokus pada hanya beberapa instrumen investasi karena saya juga sadar waktu saya terbatas dan kemampuan saya belajar juga tidak secepat itu :"D. Jadi melalui sharing acak saya kali ini, saya menyadari bahwa mungkin... mungkin... saya juga belum tau bagaimana cara cepat untuk kaya, dan belum tentu cara yang saya tempuh bisa membawa saya menjadi kaya dengan cepat. Tapi..., saya memilih untuk mempelajari saham agar saya memiliki sense of fullfilment untuk memahami sesuatu hal dengan lebih dalam lagi, dan memiliki ketenangan pikiran dan hati saat mengelola dana saya yang hopefully semakin besar tanggung jawabnya dari masa ke masa. Jadi, jangan pernah menyerah untuk bisa mencapai impian teman-teman juga ya, mari kita belajar bersama-sama, syukur-syukur nanti ada yang cepat kaya dan bisa sharingkan hal itu juga ke saya dan teman-teman lainnya semua :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cuan, Bukan Cuma Keberuntungan

Banyak orang yang merasa kalau untung di saham itu sebuah keberuntungan. Maka mereka takut berada di bursa saham. Seketika untung, seketika rugi. Merasa hal yang terjadi berada di luar kendali. Tentunya kita semua tidak mau berada di bursa saham, hanya mengandalkan keberuntungan semata. Naval Ravikant pernah menyampaikan jika ia jatuh bangkrut dan diizinkan untuk memulai semuanya kembali, maka cukup tempatkan ia di jalan apapun dengan Negara berbahasa inggris maka dalam 5-10 tahun ia akan kembali memiliki kekayaan tersebut. Ada beberapa tipe keberuntungan yang pernah saya baca yaitu : 1. Keberuntungan Semata Kita mendapatkan sesuatu karena keberuntungan semata. Gak ada control kita dalam hal itu, sama halnya seperti memenangkan lotre dengan probabilitas yang sangat kecil. 2. Keberuntungan Karena Kerja Keras Masih ingat dengan Ghozali Everyday? Seolah-olah ia seketika ketumpuk rezeki oleh NFT pada tahun 2022. Tapi keberuntungannya tidak datang tiba-tiba, Ghozali secara persisten mempos

Karena Terpaksa Atau Berdaya

Siapa disini yang ingin belajar tentang dunia investasi? Atau ingin punya badan sehat dan langsing? Apapun keinginan kamu, saya sering mendengar orang yang bilang mau ini – mau itu, namun dilanjutkan dengan kalimat “tapi….., cuma…..”. “Saya kan kerja, ga bisa lakuin itu. Saya kan ga ada modal, maka ga bisa lakuin hal itu.” Seolah-olah banyak hambatan yang terjadi, dan biasanya bermuara pada masalah uang dan waktu. Kali ini saya mau mengajak teman-teman untuk bisa melihat masalah uang dan waktu hanyalah sebagian dari jenis sumber daya yang kita miliki dalam hidup. Ketika saya memahami ini, saya bisa melihat lebih banyak lagi kemungkinan-kemungkinan yang saya dapat ciptakan di hidup ini. Berikut saya sampaikan beberapa tipe sumber daya yang kita bisa manfaatkan untuk membantu mencapai tujuan-tujuan besar dalam hidup ini. Setelah mengetahui berbagai sumber daya yang ada dalam hidup, saya percaya teman-teman bisa mendapatkan harapan yang baru melihat segala sesuatu. Yang pertama adalah uan

Setia, Menikmati Naik Turunnya Trend di Bursa Saham

Saya sebelumnya bingung, pilihan di bursa saham hanya Untung / Buntung. Tapi kenapa lebih banyak orang yang saya temui kapok investasi di bursa saham? Termasuk saya sendiri, kok hampir kapok ya. Beruntungnya saya memilih untuk bertahan.  Selama periode berada di bursa saham, yang saya temui adalah banyak orang yang gagal di bursa adalah orang yang : 1. Tidak menjalankan prinsip trading / investing dengan benar 2. Tidak sabar mengerjakannya dalam waktu yang lebih panjang Saya menghabiskan waktu cukup banyak untuk mencari apa itu prinsip trading yang benar dan terlebih lagi adalah yang cocok dengan pribadi diri saya. Karena saya pribadi adalah trader yang mengutamakan keamanan terhadap resiko kerugian besar. Akhirnya saya memutuskan cara trading trend following yang cocok untuk saya. Meskipun cocok, downsidenya adalah cara trading ini cenderung membosankan dalam waktu yang panjang. Karena hanya mendapatkan keuntungan jika market berubah menjadi Uptrend. Nah, market memiliki 3 tr